.

Kamis, 29 April 2010

Belajar SEO: Melakukan Analisis Keyword

Setiap pengunjung yang datang melalui search engine, maka akan menggunakan kata kunci ternetu untuk menemukan artikel atau tulisan yang benar2 mereka butuhkan. Biasanya mereka menuliskan 1 hingga 3 kata dalam kolom pencarian. Nah disini kita harus mempunyai pikiran yang sama dengan apa yang dipikirkan oleh pengunjung, dan lupakan dulu bahwa kita adalah seorang webmaster. Sebab target kita adalah mereka.

Bagimana sesungguhnya cara yang tepat dalam memilih keyword tersebut? tentunya ini semua tergantung dari sasaran pengunjung anda dan topik dari situs anda, apakah targetnya adalah kalangan intelektual, atau masyarakat umum, keduanya perlu dipertimbangkan dengan matang. Langkah pertama yaitu melakukan analisa terhadap keyword, hal itu bisa kita lakukan dengan berbagai metode antara lain:

1. Melalui AWStats Cpanel atau LxAdmin

Bagi anda yang menggunakan control panel Cpanel maupun LxAdmin (Kloxo) maka biasanya terdapat fasilitas AWStats untuk melihat statistik dari situs anda seperti jumlah pengunjung, letak geografis pengunjung, dan keyphrase (kombinasi kata kunci). Tools ini sangat lengkap bisa anda manfaatkan untuk mengevaluasi situs anda di search engine.
2. StatsCounter.com

Anda bisa menggunakan tools pihak ketiga untuk menganalisa keyword yang paling banyak digunakan untuk menuju ke topik yang anda incar. Silahkan menuju ke statscounter.com, kemudian lakukan register untuk dapat menggunakan layanan ini dengan gratis.

3. Google Keyword Tool

Anda bisa menggunakan layanan gratis milik google ini. Karena milik Google, maka kata kunci yang direkomendasikan oleh Google ini dibilang sangat akurat, karena didasarkan pada hasil informasi pencarian yang mereka kumpulkan dari pengunjung Google. Silahkan menuju ke adwords.google.com atau di Google Search Based Keyword Tool

Mendapatkan informasi tentang keyword saja belumlah cukup. Anda uga perlu melihat kekompetitifan sebuah keyword yaitu jumlah hasil yang dikembalikan Google ketika user mencari keyword ternetu.. Semakin banyak hasil pencarian maka itu menunjukkan keyword tersebut semakin kompetitif dan banyak digunakan. Cara untuk mencari tingkat kekompetitifan keyword sangat mudah. Anda tinggal menuju ke Google.co.id dan ketikkan kata kunci kemudian Enter dan lihat hasilnya pada kalimat

Urutan 1 – 10 dari sekitar……… hasil penelusuran untuk…..

Nah angka pada kata “sekitar” itu menunjukkan tingkay kekompetitifan keyword.

Sekian dulu dan selamat mencari keyword yang tepat :-)


Sumber:
Adipedia



Bagi yang ingin copy-paste artikel ini silahkan, tapi jangan lupa cantumkan backlinknya! :-)
Rico Satria

About the Author

I am just an ordinary, What I want to share my knowledge with others, and all about computers information around the world. Okay do not forget to visit the always Internet Box.

0 comments:


Posting Komentar